Categories: Berita

Ada Kultus Individu dengan Keinginan Jokowi Tiga Periode

Kastara.ID, Jakarta – Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti menduga keinginan pendukung Joko Widodo (Jokowi) agar masa jabatan Presiden RI diperpanjang jadi tiga periode didasari oleh dua alasan. Bivitri menyebut alasan pertama adalah adanya kultus individu terhadap Jokowi. Alasan kedua adalah pendukung khawatir terjadi ketidakpastian jika kepemimpinan berganti.

Saat berkomentar (21/6), Bivitri menjelaskan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis Ahad (20/6), memperlihatkan adanya kecenderungan kultus individu. Survei yang dilakukan pada 21-28 Mei 2021 itu memperlihatkan 74 persen responden ingin masa jabatan presiden dua periode tetap dipertahankan.

Namun pada saat bersamaan 40,2 persen responden juga setuju jika Jokowi kembali maju sebagai calon presiden (Capres) di 2024. Temuan ini menurut Bivitri menunjukkan adanya efek Jokowi yang menjadi variabel.

Bivitri menambahkan, muncul optimisme banyak yang melihat pentingnya pembatasan masa jabatan presiden sebagai bentuk pemikiran demokratis. Hal ini terlihat dari angka 74 persen yang dihasilkan survei tersebut. Namun pemikiran tentang demokrasi seketika runtuh ketika responden disodorkan nama Jokowi.

Pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Jentera ini menduga, para pendukung sudah terbiasa hidup nyaman sehingga tidak ingin ada pergantian pemimpin. Bivitri mengakui ada kecenderungan manusia tidak mau keluar dari zona nyamannya. Itulah sebabnya mereka tidak ingin ada pergantian presiden jika tidak ada kepastian apakah hidup akan menjadi lebih baik.

Bivitri juga menyoroti profil responden survei SMRC. Meski sebaran desa dan kotanya berimbang, hampit 50-50 tapi ada aspek pendapatan. Ia menduga kelas menengah ke atas mendominasi responden dan 40 persen dari suku Jawa. Sehingga angka yang dihasilkan mengkonfirmasi kecenderungan seperti yang Bivitri sebutkan.

Bivitri menilai wacana tiga periode yang di antaranya diserukan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari berbahaya. Pasalnya hal itu bisa mendorong masyarakat untuk berpikir ulang soal pembatasan kekuasaan. Terlebih Qodari dan kawan-kawannya mengajukan nama Jokowi.

Ada tiga bahaya yang menurut Bivitri bisa muncul. Pertama, besarnya potensi penyalahgunaan kekuasaan. Kedua, terhambatnya regenerasi kepemimpinan. Ketiga terhambatnya inovasi dan kemajuan di Indonesia. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…