Kastara.ID, Spielberg — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akhirnya menyelesaikan balapan hari Minggu musim 2023 untuk pertama kalinya di seri GP Austria.

Marquez telah gagal finis di sembilan seri sebelumnya, karena jatuh dan sebagian besar absen.

Pembalap Spanyol itu menilai ini seperti lucu-lucuan, bahwa butuh sepuluh seri untuk mendapat poin pertamanya.

Tapi inilah yang terjadi padanya dan sebenarnya Marquez sudah mencetak beberapa poin dalam Sprint.

Hanya saja untuk balapan utama ini menjadi poin pertamanya sejak awal musim.

“Kelihatannya seperti lelucon, tapi itu benar,” ungkap Marquez soal raihan poinnya yang dilansir Autosport.com

“Ini pertama kalinya saya menyelesaikan balapan pada hari Ahad (tahun ini) dan poin pertama musim ini pada hari Ahad. Pada dasarnya mudah dipahami. Anda hanya mendekati balapan dengan mentalitas lain, seperti yang saya lakukan di Silverstone (tidak terlalu gegabah). Ok, (tidak finis di) Silverstone lebih merupakan insiden balapan, tidak melewati limit,” jelas Marquez.

“Hari ini saya keluar, kami memilih ban belakang kompon lembut karena feelingnya cukup bagus, dan pada akhirnya, seperti yang diharapkan bannya drop cukup banyak. Tapi itu bisa diterima,” tandasnya.

Di paruh pertama MotoGP tahun ini Marquez telah berjuang di posisi yang kuat di beberapa seri – terutama Prancis dan Italia – sebelum tersingkir.

Tapi sejak dimulainya paruh kedua musim ini di GP Inggris, dia telah mengubah pendekatannya untuk fokus murni mengumpulkan data untuk Honda daripada hasil. (tra)