Kalibaru

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan gerebek sampah di RW 04 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing. Kegiatan ini melibatkan 250 personel gabungan serta tiga alat berat jenis ekskavator.

Kepala Sudin LH Jakarta Utara, Hariadi menuturkan, di lokasi pembuangan sampah sepanjang 400 meter tersebut rencananya akan dibangun jalan inspeksi tanggul NCIXD. Pembersihan dilakukan menggunakan alat berat mengingat banyaknya sampah serta lokasi medan yang cukup berat.

“Kalau melihat kondisinya seperti ini semoga bisa selesai sepekan. Kami juga berkolaborasi dengan warga sekitar dalam melakukan pembersihan ini,” ujar Hariadi, Rabu (23/2).

Menurut Hariadi, pihaknya belum bisa memperkirakan jumlah sampah yang bakal diangkut. Nantinya sampah-sampah tersebut akan diangkut menggunakan 10 truk menuju TPA Bantargebang.

“Ke depan kami akan tempatkan dua unit bak sampah sebagai wadah pembuangan sampah untuk warga di sini,” katanya.

Camat Cilincing, Mohammad Andri menambahkan, penanganan melalui kegiatan gerebek sampah ini merupakan tindakan darurat. Namun kesehariannya penanganan sampah di wilayah membutuhkan dukungan dan perhatian warga.

“Petugas kita tidak bisa 24 jam mengawasi. Dibutuhkan peran serta dan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan,” ucapnya.

Selain itu, Andri juga menjelaskan penyelesaian persoalan sampah di kawasan tersebut juga harus melibatkan Kementerian PUPR selaku pemilik lahan. Pihaknya berharap, pembangunan jalan inspeksi dan taman yang sudah direncanakan bisa segera direalisasikan.

“Ini sebagai solusi yang tidak hanya mengatasi persoalan sampah tapi juga menata kawasan menjadi lebih indah dan fungsional,” tandasnya. (hop)