Headline

Jamiluddin Ritonga: Faktor Anies Dielukan di Mandalika

Kastara.ID, Jakarta – Kedatangan Anies Baswedan menonton MotoGP Indonesia 2022 di Mandalika mendapat sambutan luar biasa. Anies dielu-elu masyarakat dan diteriaki presiden.

“Masyarakat di Mandalika mengelukan Anies karena menilai Anies memang layak menjadi presiden. Kelayakan itu dinilai oleh masyarakat berdasarkan kinerja Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta,” ungkap M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta, kepada Kastara.ID, Rabu (23/3) pagi.

Menurut Jamil, mereka yang menilai itu tampaknya berasal dari kalangan menengah ke atas yang datang dari berbagai daerah untuk menonton MotoGP. Mereka ini tentu menilai Anies berdasarkan informasi yang diterima dari media massa dan media sosial.

“Penilaian mereka tentunya atas pertimbangan jernih baik karena kepemimpinan maupun kinerja Anies. Mereka menilai bukan atas emosi tapi ratio, sehingga penilaiannya sangat rasional,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, ada indikasi pemilih rasional mengharapkan Anies menjadi presiden mendatang. Mereka menginginkan presiden yang mengambil keputusan juga atas pertimbangan rasional.

“Hal itu memang dilakukan Anies dalam mengambil keputusan. Bahkan Anies mencontohkan kepada Pusat cara mengambil keputusan yang rasiinal dalam penanganan pandemi Covid-19. Cara ini sangat diterima kalangan menengah atas,” jelas Jamil yang juga mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini.

Selain itu, Anies juga dinilai pemimpin yang demokratis. Ia tidak pernah menunjukkan amarah saat dikritik dan dihujat. Semua kritik dan hujatan dibalas Anies dengan senyum.

Kelas menengah ke atas disebutnya tentu menyukai pemimpin yang lebih demokratis. “Sebab, bagi kelas menengah ke atas kebebasan berpendapat mutlak diperlukan. Mereka tampaknya yakin, Anies dapat mengakomodir kebebasan berpendapat bila menjadi presiden,” tandasnya. (dwi)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…