Headline

Masih Tingginya Animo Komuter Pengguna Bus Sekolah

Kastara.ID, Jakarta – Layanan bus sekolah gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih diminati oleh komuter yang biasa menggunakan KRL menuju dan dari Jakarta.

Pada Senin (22/6) pagi, tercatat sebanyak 526 orang menumpang bus sekolah dari empat stasiun berbeda yakni Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Stasiun Depok.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ali Murthadho mengatakan, sebanyak 50 unit bus sekolah yang disiagakan di empat stasiun tersebut diberangkatkan dengan tujuan akhir enam stasiun di Jakarta yakni Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Duri, dan Stasiun Juanda.

“Penumpang paling banyak berangkat dari Stasiun Bogor sebanyak 402 penumpang, kemudian Stasiun Bojonggede 51 penumpang, Stasiun Cilebut 70 penumpang, dan Stasiun Depok tiga penumpang,” ujarnya, Selasa (23/6).

Ali menjelaskan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah menyiagakan sebanyak 50 unit bus sekolah di tujuh stasiun di Jakarta untuk melayani antar pulang komuter yang berdomisili di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) pada Jumat (19/6) lalu.

“Ketujuh stasiun itu yakni Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Duri, dan Palmerah. Tercatat 303 penumpang diangkut bus sekolah dengan tujuan akhir lima terminal di daerah penyangga Jakarta,” terangnya.

Ia menambahkan, penumpang paling banyak berangkat dari Stasiun Tebet dengan jumlah 83 penumpang, Stasiun Manggarai 60 orang, dan Stasiun Sudirman 57 penumpang, Stasiun Tanah Abang 37 penumpang didominasi tujuan akhir Depok dan Bogor.

“Puluhan bus sekolah ini disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan atau penumpukan penumpang KRL di stasiun khususnya pada akhir pekan di PSBB masa transisi ini,” ungkapnya.

Ali menuturkan, sebelumnya, 371 penumpang diangkut bus sekolah dari Jakarta dengan tujuan akhir lima terminal di daerah penyangga Jakarta pada Jumat (12/6) lalu. Kemudian, sebanyak 564 orang menumpang bus sekolah dari empat stasiun berbeda yakni Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Stasiun Depok Baru menuju Jakarta pada Senin (15/6) pagi.

“Sudah 1.700 lebih warga luar Jakarta pengguna KRL yang kita layani dengan bus sekolah, artinya peminatnya masih tinggi. Dalam layanan ini kami mewajibkan pemanfaat bus sekolah melaksanakan protokol pencegahan penularan COVID-19,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…