Bus Sekolah

Kastara.ID, Jakarta – Layanan bus sekolah gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih diminati oleh komuter yang biasa menggunakan KRL menuju dan dari Jakarta.

Pada Senin (22/6) pagi, tercatat sebanyak 526 orang menumpang bus sekolah dari empat stasiun berbeda yakni Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Stasiun Depok.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ali Murthadho mengatakan, sebanyak 50 unit bus sekolah yang disiagakan di empat stasiun tersebut diberangkatkan dengan tujuan akhir enam stasiun di Jakarta yakni Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Duri, dan Stasiun Juanda.

“Penumpang paling banyak berangkat dari Stasiun Bogor sebanyak 402 penumpang, kemudian Stasiun Bojonggede 51 penumpang, Stasiun Cilebut 70 penumpang, dan Stasiun Depok tiga penumpang,” ujarnya, Selasa (23/6).

Ali menjelaskan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah menyiagakan sebanyak 50 unit bus sekolah di tujuh stasiun di Jakarta untuk melayani antar pulang komuter yang berdomisili di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) pada Jumat (19/6) lalu.

“Ketujuh stasiun itu yakni Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Duri, dan Palmerah. Tercatat 303 penumpang diangkut bus sekolah dengan tujuan akhir lima terminal di daerah penyangga Jakarta,” terangnya.

Ia menambahkan, penumpang paling banyak berangkat dari Stasiun Tebet dengan jumlah 83 penumpang, Stasiun Manggarai 60 orang, dan Stasiun Sudirman 57 penumpang, Stasiun Tanah Abang 37 penumpang didominasi tujuan akhir Depok dan Bogor.

“Puluhan bus sekolah ini disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan atau penumpukan penumpang KRL di stasiun khususnya pada akhir pekan di PSBB masa transisi ini,” ungkapnya.

Ali menuturkan, sebelumnya, 371 penumpang diangkut bus sekolah dari Jakarta dengan tujuan akhir lima terminal di daerah penyangga Jakarta pada Jumat (12/6) lalu. Kemudian, sebanyak 564 orang menumpang bus sekolah dari empat stasiun berbeda yakni Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Stasiun Depok Baru menuju Jakarta pada Senin (15/6) pagi.

“Sudah 1.700 lebih warga luar Jakarta pengguna KRL yang kita layani dengan bus sekolah, artinya peminatnya masih tinggi. Dalam layanan ini kami mewajibkan pemanfaat bus sekolah melaksanakan protokol pencegahan penularan COVID-19,” tandasnya. (hop)