Bansos

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini menargetkan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) segera terlaksana 100 persen hingga akhir Desember ini. Artinya, Risma hanya mempunyai waktu kurang lebih delapan hari untuk menyelesaikan BLT pada triwulan IV saat ini.

“Pertama, ada pesan khusus dari bapak presiden, BLT harus segera, tahun ini kelar 100 persen,” kata Risma, Rabu (23/12).

Selanjutnya usai dilantik sebagai mensos adalah merapikan data penerima bantuan sosial (bansos). Ia akan segera merapikan data tersebut sehingga proses bansos akan berjalan lancar pada Januari 2021.

“Kami akan melakukan perbaikan data. Menurut saya sangat penting karena apapun itu harus ada ukurannya. Jadi misalkan dibantu sekian kemudian realisasinya sekian,” ulas Risma.

Untuk daerah terpencil, Risma mengatakan akan memikirkan cara untuk distribusi. Pemberian bansos juga bisa diserahkan ke Kantor Pos untuk diberikan langsung ke masyarakat.

“Kalau Jabodetabek mudah, yang sulit daerah lain, atau lewat pos. Kita serahkan ke kantor pos, kan nama dan addres-nya. Januari saya upayakan sudah cashless,” tutur Risma. (ant)