Depok

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 1.888 balita di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, menjadi sasaran pemberian vitamin A di bulan ini. Vitamin tersebut dibagikan secara gratis oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Iva Nur Faridah menjelaskan, pemberian vitamin A telah dilaksanakan sejak awal Agustus lalu. Selain di Posyandu, kegiatan ini juga dilakukan dari rumah ke rumah (door to door).

“Vitamin A diberikan untuk  usia 6-11 bulan sebanyak 267 anak, dan 12-59 bulan 1.621 anak. Jumlah balita ini tersebar di 18 Posyandu yang berada di 16 RW,” jelasnya seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (23/8).

Dikatakannya, vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis. Vitamin A berwarna biru dengan dosis 100.000 IU, diberikan kepada bayi 6 bulan sampai dengan 11 bulan. Sedangkan vitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 IU untuk anak usia 12 bulan hingga 59 bulan.

“Vitamin A merah juga diberikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Suplemen ini memiliki banyak manfaat, selain untuk mencegah terjadinya rabun senja juga untuk mencegah kelainan pada kornea mata,” terangnya.

Iva memastikan, seluruh balita di Kelurahan Mampang mendapatkan vitamin A. Dengan begitu, mereka dapat bertumbuh menjadi anak yang sehat.

“Pemberian vitamin A dilakukan hingga akhir Agustus mendatang. Nanti dilanjutkan lagi di bulan Februari tahun depan,” pungkasnya. (dha)