Laode M Syarif

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Terhadap pelaku dugaan tindak pidana korupsi. Kali ini OTT berhasil menangkap tiga orang pimpinan Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo). Ketiganya adalah Direktur Utama Risyanto Suanda, Direktur Keuangan Arief Goentoro, dan Direktur Operasional Farida Mokodompit.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, OTT dilaksanakan pada Senin (23/9) malam di Jakarta dan Bogor. Bersama dengan ketiganya, turut diamankan pula pegawai Perum Perindo dan pihak swasta. Laode menyebut total ada sembilan orang yang berhasil diamankan.

Laode menjelaskan, OTT kali ini terkait dengan dugaan adanya transaksi antara jajaran direksi Perum Perindo dengan pihak swasta. Pasalnya dalam OTT tersebut, penyidik berhasil menyita barang bukti berupa uang senilai 30 ribu dolar AS atau sekitar Rp 400 juta. Uang tersebut diduga merupakan fee atau komisi atas kuota impor ikan yang diberikan Perum Perindo kepada pihak swasta. Laode menambahkan, jenis ikan yang dimaksud adalah fozen pacific mackarel atau ikan salem.

Menurut Laode, saat ini para tersangka sudah dibawa ke Gedung Merah Putih KPK di kawasan Kuningan, Jakarta. KPK mempunyai waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum sembilan orang yang terjaring OTT. (rya)