Headline

PLN Diminta Tingkatkan Konsep Pelayanan Prioritaskan Pelanggan

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi kinerja PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero. PLN saat ini mengusung empat pilar dalam rangka menyongsong industri 4.0 yakni green, lean, innovative, dan costumer focused.

“Saya yakin dengan transformasi PLN bisa mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Arifin melalui keterangannya, Sabtu (24/10).

Arifin mengharapkan transformasi bisnis yang digagas (PT PLN Persero) mampu menciptakan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang lebih efisien, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati listrik.

Ia menyarankan, agar PLN meningkatkan konsep pelayanan yang lebih memprioritaskan pelanggan karena kepuasan dan kedekatan dengan pelanggan adalah satu hal yang penting.

“Salah satu konsep yang harus dilakukan manajemen PLN adalah tidak kaku, menerapkan human oriented atau berorientasi manusia,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah berkomitmen untuk mendukung transformasi bisnis yang dilakukan PLN, terutama dalam efisiensi BPP listrik.

Langkah lainnya yang dilakukan adalah pengendalian biaya pembentuk (BPP) baik fixed cost dan fuel cost, pengendalian efisiensi penyediaan tenaga listrik dari pembangkitan melalui pengaturan spesifik fuel consumption pembangkit oleh pemerintah serta sisi penyaluran melalui pengaturan susut jaringan.

Beberapa langkah kebijakan yang sudah diimplementasikan PLN antara lain kebijakan energi primer pembangkit batu bara dan gas, pengaturan harga pembelian tenaga listrik dari IPP berdasarkan BPP, optimalisasi energi mix pembangkitan dengan mengurangi pembangkit BBM.

PT PLN (Persero) sejak awal memiliki tujuan untuk menyelenggarakan usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum. Penyediaan listrik yang dimaksud adalah dalam jumlah dan mutu yang memadai serta memupuk keuntungan bagi perusahaan yang manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Zulkifli menyatakan, program transformasi PLN yang mencakup empat fokus antara lain: (1) Lean, memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien; (2) Green, meningkatkan kapasitas pembangkitan dengan fokus pada EBT, untuk mendukung tercapainya pengadaan listrik yang lebih ramah lingkungan; (3) Innovative, meraih pendapatan dari sumber-sumber baru seperti fiber optic dan Electric Vehicle, dan (4) Customer focused, menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan dan mengejar target 100 persen elektrifikasi. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…