Koperasi

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri sekaligus memberi sambutan pada Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Kantor Cabang Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Daerah-Daerah. Kegiatan itu berlangsung di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat (23/10).

Dalam sambutannya, Wagub Ariza menyampaikan apresiasi kepada para anggota yang telah dikukuhkan dan dilantik sebagai Pengurus Kantor Cabang Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Daerah-Daerah. Terkait Koperasi yang merupakan Soko Guru Perekonomian Nasional, Wagub berharap kehadiran koperasi mampu menghadapi tantangan yang ada di masyarakat, khususnya akibat pandemi COVID-19.

Wagub Ariza menambahkan, koperasi juga harus mampu meningkatkan peran dan fungsinya dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Koperasi harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada agar mampu bersaing dengan entitas usaha lainnya, antara lain dengan bertransformasi melalui pelayanan digital. Sesuai spirit revolusi industri 4.0,” ucapnya, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI.

Mengenai kondisi Koperasi di Provinsi DKI Jakarta, Wagub Ariza memaparkan, ada 3.789 koperasi dengan 185.545 anggota. Mereka merupakan koperasi binaan dinas dan suku dinas yang tersebar di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu (data per 30 September 2021). Dari jumlah koperasi itu terdapat sebanyak 2.047 koperasi aktif dan 1.742 koperasi pasif.

“Tentu ini merupakan data yang sangat potensial untuk dikembangkan lebih maksimal lagi,” tuturnya.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Wagub Ariza berharap dapat menjalankan amanah dengan baik, profesional dan bertanggung jawab sesuai AD/ART Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Daerah-Daerah.

“Selamat bekerja, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya dalam memajukan koperasi di Indonesia,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Umum Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera A. Mustofa, serta Pengurus Kantor Cabang Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Daerah-Daerah. (hop)