Headline

Semangat WNI di Italia Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi

Kastara.ID, Jakarta – Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H terasa berbeda, termasuk bagi para WNI di Italia. Saat ini Italia berada pada “fase kedua” penanganan COVID-19, meskipun lockdown sudah dilonggarkan, namun masih terdapat aturan protokol kesehatan yang harus diikuti dan dilaksanakan. Masjid besar Roma juga belum dibuka untuk Shalat Idul Fitri dan Organisasi Muslim Italia dan Pemerintah Italia sepakat mengimbau umat muslim untuk melakukan Shalat Idul Fitri secara terbatas, tidak dalam jumlah banyak dan sebaiknya dilakukan dari rumah masing-masing.

KBRI Roma menggelar kegiatan Idul Fitri daring melalui aplikasi Zoom dan FB Live KBRI Roma (24/5). Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani beserta Staf KBRI Roma dalam jumlah terbatas melakukan takbiran dari Wisma Duta Indonesia. Takbiran online dimulai pukul 08.00 pagi selama sekitar 30 menit. Selanjutnya, dilakukan kegiatan Shalat Idul Fitri berjemaah dan serempak dari rumah masing-masing. Agenda virtual kemudian dilanjutkan dengan Khutbah Idul Fitri online pada pukul 08.40 pagi dengan khatib Danang Waskito. Rangkaian kegiatan Idul Fitri online tersebut telah diikuti oleh warga negara Indonesia di Italia, para mahasiswa, serta WNI ABK kapal pesiar yang sedang berada di Italia.

Setelah kegiatan daring tersebut, Dubes Esti Andayani didampingi Wakil Kepala Perwakilan George Lantu melakukan silaturahmi terbatas dengan para Staf KBRI Roma dan keluarga. Protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan, termasuk dengan menjadwalkan kedatangan staf dan keluarga secara bergiliran. Meski tidak berjabat tangan, semuanya saling memaafkan dan mempererat persaudaraan.

Ke depannya, KBRI Roma merencanakan untuk menyelenggarakan “Silaturahmi/Syawalan Online” dengan masyarakat Indonesia di negara akreditasi pada kesempatan pertama. Dengan berbagai kegiatan tersebut, semangat silaturahmi tetap terjaga dan kegiatan ibadah tak berkurang hikmatnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia. (har)

Leave a Comment

Recent Posts

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…