Vitamin A

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilodong menargetkan sebanyak 4.972 balita mendapatkan vitamin A di bulan ini. Ribuan balita tersebut tersebar di dua kelurahan yaitu Cilodong dan Kalibaru.

Kepala UPTD Puskesmas Cilodong, Dharma Ningsih mengatakan, bulan Agustus merupakan pelaksanaan bulan vitamin A untuk anak usia 6-59 bulan. Pemberiannya sudah dilakukan sejak awal bulan ini.

“Semua Posyandu kini sedang melaksanakan pemberian vitamin A untuk balita,” katanya yang diansir laman resmi Pemkot Depok (25/8).

Dijelaskannya, karena sedang masa pandemi Covid-19, tidak semuanya dilakukan di Posyandu. Pemberian vitamin juga dilaksanakan secara langsung dari rumah ke rumah.

“Ada yang door to door langsung ke rumah balitanya. Hal ini untuk mengantisipasi kerumunan,” ucap Dharma.

Ia menjelaskan, pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga 11 bulan, diberikan vitamin A warna biru dengan dosis 100.000 IU. Sedangkan usia satu hingga lima tahun, diberikan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

“Banyak manfaat yang didapat balita apabila mengonsumsi vitamin A. Selain membentuk pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh, vitamin ini juga dapat mencegah rabun senja, kebutaan, hingga anemia pada ibu nifas,” pungkasnya. (dha)