Vitamin A

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 2.299 balita menjadi sasaran pemberian vitamin A yang dibagikan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimpaeun. Pemberian vitamin A tersebut ditujukan bagi balita berusia 6 hingga 59 bulan.

Kepala UPTD Cimpaeun, Siti Amaliah menuturkan, dari 24 Posyandu terdapat 2.299 balita yang menjadi sasaran pemberian vitamin A. Antara lain sebanyak 242 balita berusia 6-11 bulan  dan 2.057 balita berusia 12-59 bulan.

“Pola pemberian setiap posyandu berbeda beda. Sebab disesuaikan dengan wilayah setiap posyandu, sumber daya manusia (SDM) serta luas tempat yang berbeda,” tuturnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (25/8).

Amaliah menjelaskan, beberapa posyandu yang memiliki keterbatasan tempat melakukan sweeping vitamin A. Lalu ada juga posyandu yang tetap membuka dan membagikan jadwal kedatangan balita per RT.

“Untuk tempat posyandu yg memungkinkan buka, pemberian dilakukan dengan dijadwal dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” katanya.

Dikatakannya, semua posyandu akan melakukan sweeping vitamin A kepada balita yang tidak hadir. Sebab menurutnya, cakupan pemberian vitamin A harus 100 persen.

“Namun, saat ini kader belum menyerahkan pelaporannya, karena program pemberian vitamin A masih berjalan,” ucap Amalia.

Ia berharap, para kader kesehatan serta ibu atau pengantar balita tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir serta menjaga jarak selama berjalannya pemberian vitamin A.

“Semoga dengan adanya pemberian vitamin A ini dapat meningkatkan imunitas, khususnya untuk balita di masa pandemi,” tutupnya. (dha)