Kedaung

Kastara.ID, Depok – Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung menggelar penyuluhan dalam gedung terkait Tuberkulosis atau TB pada Kamis (25/3) kemarin. Pada kesempatan tersebut pengunjung Puskesmas diberikan pemahaman seputar penyakit TB dan dibagikan leaflet tentang TB.

Kepala UPTD Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani menuturkan, penyuluhan disampaikan oleh Dokter Rosnia Arianti dan Petugas TB Puskesmas Kedaung, Ciptariah. Mereka, memberikan penyuluhan pengertian TB seputar gejala dan penularan penyakit tersebut.

“Selain itu juga dipraktikan etika batuk yang benar mencegah penyebaran penyakit ,” tuturnya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, Sabtu (27/3).

Nunu, sapaannya, menjelaskan, gejala yang umum dirasakan oleh orang yang terjangkit TB ialah batuk yang sudah lebih dari dua pekan dan terus-menerus. Jika sudah menemukan hal tersebut, masyarakat dapat menghubungi kader posyandu atau datang langsung ke Puskesmas.

“Semoga dengan penyuluhan ini, masyarakat dapat mendeteksi dini penyakit TB agar segera mendapatkan penanganan dan tidak menularkan ke orang sekitar,” pungkasnya. (dha)