Ratusan petugas ini terdiri dari jajaran Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, unsur Fakultas Kedokteran Institut Pertanian Bogor (IPB), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta, Perumda Dharma Jaya dan didukung oleh Juru Sembelih Halal, MUI dan DKM DKI Jakarta.

Personel Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta juga dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pemotongan hewan kurban saat Iduladha.

“Mohon dukungan dari para petugas kesehatan hewan kurban untuk bisa melakukan tugasnya meneliti, mengawasi, dan mengedukasi masyarakat yang ingin berkurban,” ujar Heru.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta mencatat 61.850 ekor hewan kurban sudah diperiksa sampai sekarang. Jumlah ini mengalami peningkatan 13 persen dari tahun 2022. Sementara itu, hewan kurban yang sudah didaftarkan untuk dilakukan pemotongan naik berkisar 5-7 persen di angka 52 ribu ekor.

“Ada penambahan permohonan terkait hewan kurban. Selamat bertugas semoga apa yang kita harapkan, hewan kurban bisa diteliti, dicek dan harapannya semua sehat dan tidak ada kendala di lapangan,” kata Heru.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menambahkan, 700 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban akan bertugas saat Iduladha pada Kamis (29/6).

“Kalau dari awal sejak 5 Juni 2023 untuk antemortem yang dikerahkan dari petugas internal Pemprov DKI Jakarta. Hewan kurban di Jakarta relatif aman dan sehat untuk disembelih atau dikurbankan,” tandas Eli, sapaan akrabnya. (hop)