Teman di Rumah

Kastara.ID, Jakarta – Melalui program Teman di Rumah, sebanyak 6.282 anak dari keluarga pra sejahtera di Jakarta diberikan paket bantuan berupa alat bermain, materi edukasi hingga camilan sehat dalam periode 19 Mei-7 Juli 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, dalam merealisasikan program ini pihaknya berkolaborasi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Dinas Pendidikan, kader PKK, serta para donatur.

“Program ini memfasilitasi anak-anak dari keluarga pra sejahtera untuk tetap bermain dan beraktivitas di rumah dengan mainan atau materi edukasi di rumah,” ujarnya, Senin (27/7).

Tuty menjelaskan, program ini menyasar anak-anak dari keluarga pra sejahtera dengan usia sampai sembilan tahun. Sebab selama pandemi ini anak-anak menghabiskan waktu di rumah, namun tidak semua anak memiliki mainan yang menarik.

“Program ini menjadi salah satu bentuk perhatian dan dukungan terhadap pemenuhan hak anak,” terangnya.

Tuty menuturkan, donatur program Teman di Rumah berasal dari individu, komunitas, yayasan, maupun lembaga. Para donatur masih dapat mengirimkan paket donasi ke tempat pengumpulan donasi di Sekretariat TP PKK lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Paket donasi yang diterima akan disortir atau dipilah oleh kader PKK sesuai usia dan jenis kelamin anak. Kemudian akan dikemas sebelum didistribusikan kepada kader PKK tingkat Kecamatan untuk diserahkan kepada kepala atau guru PAUD.

“Mereka yang koordinasi dengan PAUD yang punya anak didik dari keluarga pra sejahtera. Kader PKK sudah mendapatkan data anak-anak keluarga pra sejahtera melalui Dinas Pendidikan,” tandasnya. (hop)