Headline

Oso: Pentingnya Peran Pers dalam Membangun Demokrasi

Kastara.id, Singkawang – Pers memiliki peran penting dalam pembangunan demokrasi di Indonesia karena pers merupakan salah satu akses informasi yang mendapat kepercayaan dari masyarakat. Demikian diungkapkan Ketua DPD RI Oesman Sapta pada “Press Gathering” Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (28/4).

“Pers dalam semua bentuk, baik media televisi, radio, online, maupun cetak, dinilai dapat memberikan informasi, pengetahuan, sampai pendidikan publik,” kata Oesman Sapta.

Menurut pria yang kerap disapa Oso ini, media yang memuat atau menayangkan berita kurang akurat saja, masih mendapat kepercayaan masyarakat, apalagi media yang benar-benar akurat dan independen, semakin dapat menjadi acuan masyarakat.

Karena itu, lanjut Oso, pers hendaknya dapat bersikap independen untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Media juga berperan menyampaikan informasi dan menyuarakan kondisi setiap daerah di Indonesia, setiap terbangun komunikasi antardaerah dan antara daerah dengan pusat.

“Pers juga turut berperan memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat untuk membangun martabat bangsa,” tambah Oso.

Suatu daerah bisa maju dan makmur, lanjut Oso, jika masyarakatnya termasuk pers, memakmurkan daerah. Indonesia bisa makmur, jika daerahnya makmur.

Oso pun memaparkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia berasal dari daerah. Sehingga masyarakat Indonesia tahu betul bagaimana kondisi daerahnya masing-masing. Termasuk Anggota DPD RI yang merupakan perwakilan daerah, juga memanfaatkan pers atau media dalam membangun komunikasi publik di daerah maupun antardaerah. (danu)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…