Kastara.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo meminta kepada seluruh operator bus untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpangnya agar tidak ditinggalkan penumpangnya. Hal ini disampaikan saat berkunjung ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (28/6).

“Saya berpesan kepada operator bus, mari kita tingkatkan layanan dan mari kita lakukan inovasi-inovasi untuk peningkatan kualitas layanan karena kalau tidak dilakukan, bus ini akan ditinggal oleh penumpangnya,” kata Sugihardjo.

Berdasarkan data, lanjut Sugihardjo, tren angkutan penumpang Lebaran saat ini untuk seluruh moda naik semua, kecuali bus yang turun. “Dulu bus itu nomor satu untuk penumpangnya. Sekarang masih di posisi dua tapi jumlahnya tidak signifikan, sementara udara yang tadinya kontribusinya kecil sekarang sudah nomor satu. Jadi artinya masyarakat sudah butuh kualitas pelayanan tidak semata-mata harga,” ujarnya.

Menurut Sugihardjo, Terminal Kampung Rambutan merupakan terminal favorit masyarakat karena faktor layanan dan keamananya yang baik.

“Dari terminal lama yang ada di Jakarta, Terminal Kampung Rambutan termasuk yang terfavorit, artinya dari sisi infrastruktur siap, dari sisi layanan dan keamanan relatif baik. Sehingga ini termasuk yang diminati masyarakat yang pemberangkatan dari Terminal Kampung Rambutan,” katanya.

Sugihardjo juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu gunakan bus yang laik demi keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan. (nad)