PSBB Transisi

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meninjau pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara (27/6). Peninjauan tersebut untuk memastikan penerapan protokol di sektor pusat perbelanjaan, retail, dan pertokoan usai dibuka selama masa PSBB Transisi Fase I, yaitu pada Sabtu pekan kedua bulan Juni lalu.

“Ya sebagaimana kita ketahui harus menjalankan protokol kesehatan di mal, disinfektan, kemudian warganya harus menggunakan masker bahkan (ada mal) yang sudah menyiapkan QR Code hingga di mal itu jumlahnya tidak melebihi 50 persen,” ujar Ariza, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Ariza, pembatasan jumlah pengunjung tersebut tidak hanya berlaku di mal secara keseluruhan, tapi juga di kios-kios penjualan yang terdapat di dalam mal tersebut. Penerapan protokol kesehatan secara khusus juga wajib diterapkan di beberapa fasilitas dalam mal yang memungkinkan warga mengalami kontak fisik.

“Kemudian di eskalator mal, kemudian di lift mal, di jalan itu sudah harus ada traffic flow. Jaraknya, petunjuknya, kemudian juga tanpa sentuhan. Jadi, kami terima kasih banyak sekali mal yang melaksanakan protokol COVID-19, sehingga memudahkan bagi warga,” terang Ariza.

Tak hanya di mal, dalam kesempatan tersebut Wagub Ariza turut mengingatkan protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh masyarakat jika sedang bepergian keluar rumah, di mana pun tempatnya. Salah satunya seperti di 32 lokasi pengalihan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang akan mulai Ahad (28/6).

Hadir dalam peninjauan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Utama LRT Jakarta Wijanarko, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, dan sejumlah Anggota DPRD DKI Jakarta. (hop)