MotoGP(motogp.com)

Kastara.ID, Assen – Usai memenangi balapan MotoGP Jerman di pekan sebelumnya, pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil finis ketujuh di MotoGP Belanda, Ahad kemarin.

Hasil ini tentu tidak luar biasa jika melihanya sekilas, tapi pencapaian ini diraih Marquez dengan posisi start sangat buruk, yakni ke-20.

Jadi, bagi Marquez hasil di Belanda sangat memuaskan dan menjadi penutup manis untuk paruh pertama musim ini.

Marquez cukup sekarang dengan raihan ini, sehingga ia bisa menjalani libur musim panas dengan perasaan yang baik, memulihkan kondisi dan mempersiapkan diri untuk pertarungan paruh kedua nanti, yang akan dimulai awal Agustus mendatang.

“Saya sangat senang hari ini, tentu jika Anda mengecek hasilnya dan melihat posisi ketujuh, itu tidak terlalu mengesankan, tapi ketika Anda start dari posisi ke-20
di grid, itu tidak terlalu buruk,” jelas Marquez yang dirilis resmi laman HRC.

“Saya sangat memaksa di lap pembukaan dan saya naik ke posisi ke-12. Kemudian saya melakukan kesalahan di tengah balapan dan kehilangan kontak dengan grup depan.

Sejak saat itu saya hanya fokus untuk kembali dan saya bisa membalap dengan baik sampai akhir, juga dengan pertarungan yang bagus dengan Aleix Espargaro di lap terakhir,” papar Marquez.

Meski terlihat mudah dan mulus, tapi fisik Marquez sebenarnya sangat kelelahan dalam balapan di Assen kemarin.

“Saya hancur secara fisik sehingga tidak bisa menantang Pecco lagi. Ketika saya kembali ke Pit, saya mengucapkan terima kasih kepada tim dan Honda karena setelah kecelakaan hari Jumat, mereka memberi saya kepercayaan diri lagi dengan mengubah beberapa parameter dengan TC (Traction Control) dan saya bisa membalap dengan baik.

Potensi motor adalah podium jika kami start dari depan. Sekarang untuk liburan musim panas, waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri dan kembali lebih kuat untuk paruh kedua musim ini,” harap Marquez. (tra)