Kastara.id, Jakarta – Komisi XI DPR RI sebagai mitra dari Kementerian Keuangan mengapresiasi penunjukan Sri  Mulyani sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brojonegoro.

“Namun kami mengharapkan menteri tersebut jangan menjalankan programnya sendiri, tapi harus sejalan dengan program nawacita presiden,” kata Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari di Jakarta, Kamis (28/7).

Pemerintahan yang menjadi taruhannya adalah masalah fiskal, sehingga harus mampu menatanya dengan bagus. Uang yang ada di dalam negeri tidak ditarik lagi ke luar negeri. “Pemerintah harus memetakan masalah fiskal secara baik,” ujarnya memberi saran.

Eva mengharap Sri Mulyani tidak berorientasi pada jangka pendek, tapi memiliki komitmen yang sangat kuat. Dia harus menjalankan program nawacita. “Jangan nanti tiba-tiba membawa programnya sendiri dari Bank Dunia,” katanya.

Diakui Eva, respon pasar terhadap Sri Mulyani sangat baik, sehingga diharapkan loyalitasnya hanya pada  melaksanakan apa yang diinginkan presiden. “Kita harus tetap mengawasi semua langkah yang akan dia (Sri Mulyani) lakukan,” ujar Eva. (rya)