Kastara.ID, Le Mams — Pembalap Spanyol, Marc Marquez dinyatakan bersalah dalam insiden Tikungan 3 Portimao dalam balapan MotoGP Portugal di pembuka musim.

Stewards Panel kemudian menjatuhkan hukuman Long Lap Penalty ganda untuk rider Repsol Honda itu.

Dalam surat keputusan wasit, Marquez harus menjalani hukuman di seri berikutnya di Argentina.

Karena Marquez absen, dia melewatkan balapan tempat dia harus kena pelanti. Karena itu, hukuman tersebut dianggap sudah dijalaninya di Argentina.

Tapi drama terus berlanjut dengan Stewards Panel mengubah redaksi surat mereka.

Dinyatakan bahwa Marquez harus menjalani hukuman di seri berikutnya ketika dia kembali balapan (sembuh dari cedera).

Perubahan ini membuat Honda keberatan dan mengajukan banding.

Pengadilan Banding MotoGP memutuskan Marquez tidak perlu menjalani hukuman Long Lap Penalty ganda versi modifikasi, mereka memenangkan banding.

Pada dasarnya, dengan melewatkan MotoGP Argenti a, Marquez dianggap sudah menjalani Long Lap Penalty ganda versi original.

Sementara Long Lap Penalty modifikasi (harus dijalani Marquez ketika comeback) dihapus karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Karena itu, ketika Marquez comeback di MotoGP Prancis yang lalu, dia bebeas menjalani balapan tanpa hukuman Long Lap Penalty ganda versi modifikasi.

Tapi uniknya, dalam balapan utama pada Ahad (14/5) lalu, Marquez melebar melaju di lintasan Long Lap Penalty.

Insiden itu tejadi ketika dia bertarung melawan pembalap tim satelit Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi, dia mencoba menyalip Marquez namun gagal melakukannya dengan mulus.

Bezzecchi melakukan kesalahan, kehilangan titik pengereman, sehingga dia harus melebar dan menggiring Marquez keluar lintasan utama.

Marquez kehilangan banyak waktu karena melaju di pinggir lintasan (seperti menjalani Long Lap Penalty).

Dalam insiden tersebut, Bezzecchi dinyatakan bersalah dan harus turun satu posisi karena membuat Marquez kehilangan banyak waktu.

Kejadian yang sangat kebetulan sekali. Ketika Marquez lolos dari hukuman Long Lap Penalty gandanya, dia malah harus melebar layaknya menjalani Long Lap Penalty. (tra)