Headline

Kapolri: Tindak Tegas Pengibar Bendera Bintang Kejora di Depan Istana Medeka

Kastara.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono melakukan tindakan tegas kepada para mahasiswa asal Papua yang terbukti mengibarkan bendera Bintang Kejora saat melukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka pada Rabu (28/8) kemarin. Tito menegaskan, bendera Bintang Kejora adalah simbol perjuangan Papua Merdeka.

Saat berbicara di Mabes Polri, Kamis (29/8), Tito juga meminta para mahasiswa asal Papua berlaku tertib dan menghormati hukum saat berunjuk rasa. Mengibarkan bendera Bintang Kejora dan membawa antribut Papua Merdeka adalah tindakan melawan hukum yang bisa dikenakan sanksi. Terlebih dalam aksi tersebut muncul pula tuntuan menggelar referendum di Papua. Itulah sebabnya hal-hal semacam itu sebaiknya dihindari.

Sebelumnya pada Rabu (27/8), sejumlah mahasiswa asal Papua di Jakarta melakukan aksi unjuk rasa. Aksi yang berlangsung di depan Istana Merdeka, Jakarta, itu dimaksudkan untuk memprotes tindakan rasisme yang diterima mahasiswa asal Papua di Surabaya. Namun dalam aksi tersebut mahasiswa Papua juga menyerukan dukungan terhadap Papua Merdeka. Pasalnya peserta aksi tampak mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Terlihat empat bendera milik gerakan Papua Merdeka itu dikibarkan menggunakan bambu berukuran panjang. Selain itu aksi yang hanya berjarak beberapa meter dari tempat Presiden Jokowi berkantor itu juga menyerukan pelaksanaan referendum bagi rakyat Papua untuk melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…