Demo UU Cipta Kerja(suarasurabaya.net)

Kastara.ID, Jakarta – Massa aksi yang berasal dari elemen buruh telah mendatangi kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, jelang aksi unjuk rasa tolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja.

Kelompok buruh yang telah datang berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Kesatuan Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang datang mengendarai sepeda motor. Mereka datang lengkap dengan atribut demo.

Sementara aparat keamanan tak menutup dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda dan silang Monas. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat dan Selatan juga masih dibuka bagi kendaraan.

Aksi kelompok buruh kali ini kembali digelar untuk memprotes pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Koordinator Aksi, Edi Kuncoro menyebutkan, ada sekitar 100 orang buruh yang akan ikut berdemonstrasi hari ini.

“Tuntutan kita tetap menolak Omnibus Law sampai ini dibatalkan. Maksimal aksi 100 orang dari beberapa wilayah. Kita akan ikuti protokol kesehatan itu. Tapi jangan pernah melarang kita aksi turun ke jalan,” kata Edi.

Sebelumnya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengumumkan bahwa aksi demo buruh akan digelar serentak di 18 kota. Di Jakarta, aksi rencananya dipusatkan di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain aksi langsung di lapangan, demo juga akan digelar secara virtual melauiĀ platform Facebook dan Instagram. (ant)