Revitalisasi

Kastara.ID, Jakarta – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mendemo dengan memprotes menolak revitalisasi Monas oleh Gubernur Anies Baswedan di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Walhi menilai proyek revitalisasi Monas itu bukan hal yang mendesak. Apalagi Pemprov DKI sampai melakukan penebangan 190 pohon demi revitalisasi. Meski Pemprov membantah bahwa ratusan pohon itu hanya digeser, bukan ‘dihabisi’.

“Tadinya kan itu bagian dari ruang terbuka hijau Jakarta, dan sekarang akan dibangun untuk plaza, (tempat) budaya dan kolam. Itu kan tidak ada urgensinya,” kata Koordinator Aksi Walhi Rehwinda Naibaho, Kamis (30/1).

Diketahui, luas DKI yang sebesar 661,5 kilometer persegi sedianya harus memiliki RTH sebanyak 30 persen. Namun hingga kini DKI hanya memiliki RTH seluas 9,8 persen. Artinya masih jauh dari target.

Rehwinda mengatakan, Walhi meminta Pemprov DKI segera menghentikan revitalisasi Monas secara permanen dan menanam kembali kawasan tersebut dengan pohon.

Terakhir, Rehwinda mengatakan, pihaknya secara simbolis akan memasang spanduk dan meletakkan bibit di depan pintu proyek revitalisasi Monas. Itu sebagai tanda protes Walhi yang menolak betonisasi di kawasan RTH. (hop)