Fokus Depok

Mencari Bibit Berbakat Seni dan Sastra Melalui Jalur Prestasi ke SMP Negeri

Kastara.ID, Depok – Kreativitas untuk anak didik di bidang satra (lisan dan tulis), sekaligus tiket bagi peserta didik masuk SMP Negeri melaluii jalur prestasi, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Dasar Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, menggelar Festival Literasi Siswa Indonesia Sekolah Dasar (FLISD) Tahun 2022 di SDN Mekarjaya 12, dengan tema “Literasi Pulihkan Negeri Menuju Indonesia Bangkit”, Rabu (30/3).

Ketua K3S Sekolah Dasar Kecamatan Sukmajaya, Arief Suryadi mengatakan, festival ini bertujuan di antaranya meningkatkan kreativitas peserta didik di bidang sastra Indonesia (lisan dan tulisan), meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya sarana dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan secara estetis.

“Melalui festival ini untuk mencari bibit berbakat di bidang seni sastra, sekaligus pula untuk memberikan ‘tiket’ masuk ke SMP Negeri bagi peserta didik melalui jalur prestasi baik akademik maupun prestasi non-akademik, seperti olahraga dan seni,” kata Arif.

Arif Suryadi menambahkan, para juara nanti mewakili Kecamatan Sukmajaya untuk berlomba di tingkat Kota Depok. “Para pemenang tingkat kecamatan nanti akan dikirim ke tingkat Kota Depok,” jelas Arif.

Arif menambahkan, ada sekitar enam jenis perlombaan yakni lomba menulis cerita pendek (cerpen), lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair, lomba mendongeng, dan lomba membaca cerita bocah Depok.

Sementara Kabid Sarpras Disdik Kota Depok Sumarna mengapresiasi kerja K3S SD Kecamatan Sukmajaya yang telah mengadakan kegiatan kreativitas. Hal itu memiliki manfaat penting bagi sekolah dan para siswanya.

“Saya mendukung dan mengapresiasi festival ini yang menunjukkan kekompakan dan kerja sama para kepala sekolah dan guru-gurunya, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi sekolah dan adiknya ke depan,” kata Sumarna. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…