Pekerja Seni

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan akan menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada ribuan pekerja seni di Jakarta yang juga mengalami dampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, pelaku seni penerima bantuan berasal dari sanggar serta pelaku seni tradisional maupun modern di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Ada 3.037 paket sembako yang akan didistribusikan terdiri dari beras, mie instan, biskuit, terigu, gula pasir, ikan sarden, kecap manis, susu kental manis, dan gulai ayam kemasan. Pendistribusian dimulai Senin mendatang oleh masing-masing suku dinas dan unit pengelola,” ujarnya, Jumat (30/4).

Iwan menjelaskan, selain keinginan untuk berbagi di bulan Ramadan, pemberian bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para pekerja seni karena profesi mereka adalah salah satu yang paling terdampak pandemi COVID-19.

“Dibatasinya pertunjukan dan kegiatan seni mengakibatkan pendapatan pekerja atau pelaku seni menurun. Meskipun mereka tetap berkarya di rumah karena PPKM, tapi di satu sisi mereka tidak punya penghasilan lagi lantaran tidak bisa melakukan kegiatan dan menyelenggarakan pertunjukan di luar,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, bantuan paket sembako ini sekaligus bertujuan merekatkan tali silaturahmi antara Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dengan pekerja seni.

“Paket sembako ini juga sebagai bentuk rasa rindu kami kepada mereka. Untuk menjaga dan menyambung tali silaturahmi kami berikan bantuan paket sembako ini, semoga bermanfaat,” tandasnya. (hop)