Yayasan Berkah Sejahtera Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mendorong agar Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) terakreditasi Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Saat ini, sebanyak 124 LKS berada di Kota Depok.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Eneng Sugiharti mengatakan, kini baru 67 LKS yang terakreditasi di Depok. Meski begitu, ada sembilan LKS yang sedang dalam proses akreditasi.

“Ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh para LKS untuk mendapat akreditasi. Kemarin tahap visitasi sudah dillakukan, saya ikut mendampingi. Selanjutnya, pengolahan nilai, sidang pleno penetapan hasil dan cetak sertifikat,” katanya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (28/5).

Eneng menjelaskan, sembilan LKS yang sudah divisitasi antara lain Yayasan Acialmuizz, Pundi Amal Demawan Indonesia, Yayasan Kreatif Anak Bangsa, Yayasan Cendikia Muda, Yayasan Istana Yatim dan LKSA Muhammadiyah. Kemudian, PSAA Bina Remaja Mandiri, LKSA Nurul, dan Yayasan Panti Asuhan AR Ridho.

“Mereka telah mendaftar secara online untuk menempuh proses akreditasi. Ke depan, harus ada program dan kegiatan selain Bimtek akreditasi. Misalnya workshop melalui e-akreditasi,” tutupnya. (dha)