Kastara.ID, Madrid – Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa, kini masih aktif di MotoGP meski telah pensiun dan menyandang gelar Legenda. Ya, Pedrosa memang bukan sebagai pembalap reguler, tapi sebagai penguji untuk pabrikan Austria, KTM.

Pedrosa mengembangkan motor RC16 sejak setelah pensiun dari MotoGP.

Pembalap bernomor start #26 itu mengakhiri karir balapnya bersama tim pabrikan Repsol Honda pada akhir kompetisi musim 2018 yang lalu.

Pedrosa pun mendarat di KTM, sekaligus menjadi ujung tombang pengembangan mesin RC16.

Berbicara tentang pekerjaannya sebagai pembalap penguji, ternyata Pedrosa sudah menjalaninya sejak kelas 125cc, jauh sebelum naik ke MotoGP.

Juga, selama membalap untuk Repsol Honda di kelas utama, Pedrosa juga mengisi posisi pembalap pengembang.

“Ketika saya di Honda saya yang mengembangkan motor, juga sambil balapan,” tandas Pedrosa saat berbicara kepada Nico Abad yang dilansir Motosan.es.

“Dan sejak kelas 125cc, saya mengembangkan motor yang kami gunakan untuk memenangkan gelar. Dengan sensasinya, saya mempelajari alasan perubahan itu. Di kelas 250cc saya mengesampingkan motor yang sangat modern, dll. Saya belajar banyak tentang semua proses ini dengan Honda,” kenang pembalap asal Catalan ini.

Pedrosa memang gagal menjadi juara dunia selama membela Honda. Namun Pedrosa dikenal sebagai sosok pengembang yang baik. (tra)