Penggiling Daging

Kastara.ID, Depok – Kecelakaan bisa di mana saja baik itu di jalan maupun di pabrik. Ada seorang pemuda DS (20 tahun) yang merupakan karyawan di sebuah industri olahan daging milik Haji Doni, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, terkena musibah dan  terpaksa dilarikan ke rumah sakit gara-gara tangannya masuk ke dalam mesin penggilingan daging.

Kabid Penanggulangan Bencana (PB) Dinas Damkar Kota Depok Denny Romulo Hutauruk mengatakan, Tim Damkar mendapat telepon seketika itu juga berangkat ke lokasi insiden yang terjadi pada Sabtu (29/8) malam.

Kronologis kejadiannya malam itu bermula saat korban sedang menjalani rutinitas pekerjaan untuk menggiling daging. Diduga kelalaian karyawan tidak melakukan prosedur (SOP).

Saat menggiling daging korban bengong menoleh ke samping. Saat memasukkan daging ke mesin, tangannya ikut juga masuk.

Ditambahkan Denny, evakuasi yang dilakukan terhadap korban, membutuhkan waktu 4 jam. Sebab Tim Damkar berhati-hati agar jari-jari tangan korban tidak cedera lebih parah lagi.

“Korban berhasil kita evakuasi sekitar 4 jam. Sebab tim dari pihak Damkar harus ekstra hati-hati agar tangan korban tidak cedera parah,” kata Denny.

Tim Damkar Kota Depok dapat bekerja dengan baik di mana proses penyelamatan lancar dan korban selamat dengan kondisi dua jari tangannya hancur.

Untungnya posisi kejadian dekat RS Bhayangkara Polri, Kelapa Dua, Depok. Korban dengan mudah dibawa dan selama penanganan diinfus dan oksigen oleh perawat dari rumah sakit. (*)