Nakes

Kastara.ID, Jakarta – Maria Yolanda Felicita (25), salah satu dokter muda yang menjadi relawan kesehatan di RS Darurat COVID-19 di RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, mengaku sangat senang bisa ikut tur keliling Jakarta (29/9).

Perempuan asli Surabaya, Jawa Timur ini merasa terkesan ikut tour city dan foto bareng dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Balai Kota.

“Ini pengalaman menyenangkan bagi saya di masa pandemi. Karena saya belum pernah tinggal di Jakarta,” ujar Maria, alumnus Universitas Airlangga, Surabaya tahun 2020.

“Yang cukup mengesankan, saat ke Kota Tua. Di sana benar-benar seperti berada di Jakarta Tempo Doeloe. Banyak bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda yang masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Ini sangat menyenangkan dan berkesan,” lanjut Maria.

Yolanda mengaku, perjalanan dengan bus Transjakarta dan MRT dalam tour city ini membuat dirinya merasa rileks. Maklum, selama bertugas sebagai relawan nakes, hari-harinya dihabiskan untuk menangani pasien COVID. Mulai dari yang tanpa gejala hingga yang kondisinya kritis.

Dia bertutur, kali pertama menjadi relawan tenaga kesehatan bergabung di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat pada Februari-April 2021. Setelahnya ia bertugas di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, pada Mei hingga awal Agustus. Kemudian pada pertengahan Agustus dilanjutkan ke RS Haji Pondok Gede hingga sekarang.

“Semua saya jalani dengan ikhlas, hingga tak terasa berat. Ini demi Indonesia, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya agar terbebas dari cengkeraman COVID-19,” tutur perempuan bertubuh mungil ini.

Hal senada diutarakan Lidwina Sonora Dwiyanti (25), dokter muda lainnya asal RS Dr Sutomo, Surabaya, Jawa Timur. Ia mengaku dengan mengikuti kegiatan city tour ini memiliki tambahan pengetahuan tentang kota Jakarta. Karena selama menjadi relawan, belum pernah keliling Jakarta.

“Pesan saya pada seluruh warga, walau saat ini angka COVID mulai menurun namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini untuk pencegahan penyebaran COVID-19,” tandasnya. (hop)