Pasar Djohar

Kastara.ID, Semarang – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendampingi Presiden Jokowi meninjau kondisi Pasar Djohar yang sudah siap dioperasikan kembali untuk terus meningkatkan positivisme masyarakat jelang tahun 2020. Pendampingan juga dilakukan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kawasan Kota Lama Semarang, Senin (30/12).

“Pasar sudah jadi, pedagang masuk ya dijaga kebersihan, jaga kerapian, jangan becek, jangan bau,” pesan Presiden untuk para pedagang.

Pasar Djohar yang terbakar pada tahun 2015 sudah hampir selesai direvitalisasi oleh Kementerian PUPR. Walaupun tidak semua pedagang bisa masuk kembali beraktivitas karena jumlah los yang tidak sebanyak di awal, tetapi Presiden mengatakan akan ada sisi selatan pasar yang akan dibangun untuk memfasilitasi para pedagang lain.

Kawasan perdagangan Pasar Djohar merupakan area pusat jual beli di kota Semarang yang terkenal akan kelengkapan komoditinya. Pasar Djohar pun sempat menyandang gelar sebagai pasar sentral Jawa Tengah yang terindah dan termegah di Asia Tenggara. (mar)