Kali Ciliwung Lama

Kastara.ID, Jakarta – Pintu Air Ciliwung Lama pada pukul 17.45 WIB dalam bukaan 210 sentimeter. Sehingga berpotensi terjadi genangan kawasan Jalan Gunung Sahari Raya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juani Yusuf mengatakan, kebijakan ini diambil karena tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Manggarai sudah mendekati 900 sentimeter.

“Kita lakukan ini dengan berbagai pertimbangan. Saya meminta warga di sekitar alur Kali Ciliwung Lama untuk bersiaga,” ujarnya, Rabu (1/1).

Juani menegaskan, seluruh jajaran Dinas SDA, termasuk Pasukan Biru sudah bersiaga dan mengupayakan genangan surut.

“Untuk meminimalisir terjadinya genangan di jalan dan wilayah permukiman kami sudah menyiapkan dua unit pompa mobile di dekat Golden Trully,” terangnya.

Ia berharap, air dari wilayah hulu bisa segera berkurang agar dampak banjir di Jakarta bisa segera teratasi. “Banjir ini tidak hanya terjadi di Jakarta. Terpenting, kami akan berupaya optimal dengan seluruh kemampuan yang ada,” ungkapnya.

Juani mengapresiasi, seluruh jajaran Dinas SDA yang sudah berkerja maksimal di lapangan, bahu-membahu mengatasi terjadinya genangan maupun banjir. “Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas SDA, tetap semangat dan jaga kesehatan,” tandasnya. (hop)