Kastara.ID, Jakarta – Puluhan personel Satpol PP Jakarta Utara disiagakan untuk melakukan pemantauan serta pengamanan perayaan Imlek di 13 vihara dan klenteng yang tersebar di empat kecamatan di Jakarta Utara.

Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Purnama mengatakan, personel yang disiagakan tidak sekadar menjaga ketertiban dan keamanan perayaan Imlek. Secara aktif mereka juga akan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Bagi masyarakat yang merayakan Imlek kita imbau tetap menjaga protokol kesehatan. Kehadiran petugas juga untuk memastikan itu,” ujarnya, Selasa (1/2).

Purnama berharap di lapangan bisa memahami bila petugas menegur masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker atau berkerumun saat perayaan.

Dijelaskannya, ke-13 vihara dan klenteng yang dilakukan pemantauan mempertimbangkan potensi keramaian serta kegiatan yang dilakukan seperti di Vihara Theravada Kelurahan Pegangsaan Dua Kelapa Gading, Vihara Bahtera Bhakti Pademangan, dan Vihara Satya Dharma Jalan Pluit Barat Raya, Penjaringan.

“Kita berharap perayaan Imlek tahun ini berlangsung kondusif meski digelar dengan sederhana dan pandemi bisa kita atasi,” tandasnya. (hop)