Kastara.ID, Jakarta – Aksi sosial donor darah mewarnai peringatan satu abad berdirinya perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Kegiatan dipusatkan di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur (28/2).

Kegiatan dihadiri Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, Ketua PMI DKI Rustam Efendi, Ketua PMI Kota Jakarta Timur HR Krisdianto dan Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur Eka Darmawan serta pejabat terkait lainnya. Kegiatan donor darah ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PSHT.

Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla mengatakan, kegiatan donor darah secara massal yang dilakukan Perguruan Silat PSHT saat ini, sangat membantu persediaan stok darah PMI yang menurun akibat pandemi COVID-19.

“Kegiatan donor darah seperti ini sangat membantu persediaan stok darah. Darah itu bukan hanya untuk orang sakit, namun juga bagi yang terpapar COVID-19 melalui plasma darah,” kata Jusuf Kalla.

Apresiasi juga disampaikan Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan. Apalagi pelaksanaan donor darah ini dilakukan serentak di 34 provinsi.

Menurutnya, kegiatan donor darah di Padepokan Pencak Silat TMII ini bisa menjadi contoh bagi perguruan silat lainnya. Karena sangat bermanfaat bagi mereka yang tengah membutuhkan transfusi maupun plasma darah. Bukan hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh Indonesia.

“Pemkot Jakarta Timur sangat apresiasi kegiatan ini. Walau masa pandemi, masih bisa melakukan donor darah dan pelaksanaannya juga mematuhi protokol kesehatan,” kata Eka.

Sementara Ketua Umum PSHT Muhammad Taufik menjelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan ungkapan rasa syukur sekaligus upaya memberikan manfaat bagi negeri.

Dia mengungkapkan, kegiatan donor darah ini diikuti 12.300 peserta yang tersebar pada 150 cabang PSHT di 34 provinsi. Di Jakarta, aksi donor darah diikuti 1.000 peserta yang tersebar pada pada cabang PSHT di lima wilayah kota.

“Selain donor darah, kami juga lakukan kegiatan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan di perairan umum,” ungkapnya. (hop)