Ukraina

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina berhasil dievakukasi ke Polandia dan Rumania. Hal ini dikatakan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi dalam konferensi pers via daring, Selasa (1/3)

“Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 warga negara Indonesia dan 5 warga negara asing keluarga dari WNI kita,” jelas Retno.

Saat ini diketahui semua WNI sudah berada di dua titik aman, yaitu Bucharest, Rumania dan Rzeszow, Polandia. Para WNI menempuh jalur evakuasi, bergerak dari perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu (26/2).

Kemudian, lanjut Retno, pada Ahad (27/2) waktu setempat, sebanyak 25 warga Indonesia yang tinggal di Odessa, Ukraina, berhasil diboyong ke Bucharest, Rumania, dengan menempuh 35 jam perjalanan dengan bus.

Lalu pada Senin (28/2), tim evakuasi juga berhasil menyelamatkan 6 WNI dan 1 WNA, yang merupakan keluarga dari salah satu warga Indonesia, dari Lviv ke Polandia.

Adapun 59 WNI dan 1 WNA dari Kiev juga berhasil diseberangkan ke Rumania pada Senin (28/2) pada pukul 22.00 waktu setempat atau pada Selasa (1/3) pukul 03.00 WIB.

Setelah sebagian besar WNI sudah dievakuasi, Retno mengatakan langkah selanjutnya adalah penjemputan untuk dipulangkan ke Indonesia.

“Setelah evacuee (WNI yang dievakuasi) berada aman di dua titik tersebut maka langkah selanjutnya penjemputan dengan pesawat untuk kembali ke Indonesia,” kata Retno.

Rencana penjemputan WNI untuk kembali ke tanah air masih terus dibicarakan, sejauh ini belum ada kepastian waktu kapan mereka akan diangkut.

Retno melanjutkan, masih ada empat WNI yang di Kharkiv dan sembilan WNI di Cherniky. Mereka belum bisa dievakuasi lantaran pertempuran darat masih terus terjadi. (ant)