Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri kegiatan donor darah yang digelar perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SMP Hang Tuah 3, Jakarta Utara.

Pada kesempatan tersebut, Ariza mengapresiasi kegiatan donor darah yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 seperti ini.

“Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya di lokasi (28/2).

Ariza mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, kebutuhan darah di Ibukota per hari mencapai 1000-1200 kantong darah.

“Ini jumlah yang tidak sedikit. Di masa pandemi kebutuhan darah selalu ada dan tinggi,” katanya.

Menurut Ariza, kegiatan donor darah yang dihelat PSHT ini salah satu bentuk ladang amal dengan saling tolong-menolong antar sesama.

“Sungguh beruntung bagi siapa saja yang dikaruniai kepekaan untuk mengamalkan ladang kebaikan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, donor darah memiliki makna universal karena bisa dilakukan siapa saja, tanpa memandang status sosial, suku, agama dan jabatan. Selama sehat dan mampu, setiap orang bisa mendonorkan darahnya.

“Pendonor juga akan lebih bugar karena memperoleh sejumlah sel darah merah baru. Sel darah merah dalam tubuh kita ini sangat bermanfaat,” tandasnya. (hop)