Kategori penghargaan yang diraih adalah Dinas Dukcapil Terbaik dalam Pendukung Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dan Peraih Identitas Kependudukan Digital (IKD) Terbanyak Nasional.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian menekankan terkait digitalisasi kependudukan yang perlu didukung oleh pemerintah pusat dan daerah secara dinamis sesuai perkembangan jaman.

“Kalau diperlukan pemerintah pusat akan kembali memberikan dana dekonsentrasi untuk kependudukan kepada pemerintah daerah,” ungkap Tito, dalam keterangan tertulisnya (29/2).

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian yang didapat dan prestasi ini diraih berkat dukungan Penjabat (Pj) Gubernur, Sekda dan Komisi A DPRD Provinsi DKI yang sangat mengayomi dalam kependudukan.

“Dan tidak lupa kepada seluruh jajaran Dukcapil dari tingkat dinas hingga kelurahan yang hingga pada hari libur pun rela untuk bekerja untuk menjangkau pemilih pemula dan juga perekaman IKD,” ujar Budi.

Sebagai informasi, Sudin Dukcapil Jakarta Timur berhasil mencatatkan IKD terbanyak secara nasional, sedangkan Dinas Dukcapil DKI Jakarta meraih penghargaan khusus atas prestasi percepatan dalam menjangkau pemilih pemula dan dukungan lainnya pada pemilu yang menjadikan KPUD Provinsi DKI Jakarta menjadi KPUD Provinsi berkinerja terbaik secara nasional.

Untuk diketahui, Rakornas Dukcapil yang dimulai tanggal 27 sampai 29 februari 2024 beragendakan evaluasi kinerja Dukcapil dalam pemilu dan peran identitas kependudukan digital dalam mendukung percepatan transformasi digital dalam pelayanan publik. (hop)