Kuliah Ramadan

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta membuat program Kuliah Ramadan (Kurma) yang bisa disaksikan secara live streaming maupun video streaming.

Kepala Biro Dikmental Setda Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat mengatakan, program Kurma bisa diakses melalui tiga kanal yang disediakan yakni, beritajakarta.id/live, muidkijakarta.or.id, dan youtube.com/c/KHMunaharMuchtar/live.

“Program live streaming Kurma disiarkan setiap Jumat pukul 12.30. Sedangkan, untuk tayangan video streaming dapat dilihat setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 17.00,” ujarnya (30/4).

Hendra menjelaskan, program Kurma diinisiasi untuk memberikan pencerahan rohani kepada umat Islam selama Ramadan bersamaan dengan kondisi wilayah Jakarta yang masih dalam  penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi COVID-19.

“Meski berada di rumah, masyarakat bisa tetap mendapatkan tausiyah-tausiyah untuk mengisi ibadah Ramadan,” terang Hendra.

Menurutnya, berbagai materi pencerahan rohani yang disajikan di dalam program Kurma sebagai pengganti disebabkan kegiatan salat, mengaji, dan majelis taklim di masjid sementara waktu dibatasi selama penerapan PSBB.

“Pemprov DKI bersama MUI menyusun program Kurma agar selama bulan Ramadan ini, warga Jakarta tetap mendapat siraman rohani dan para ulama atau mubalig juga tetap dapat memberikan ceramahnya,” ungkapnya.

Selain program Kurma, lanjut Hendra, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, KODI, MUI, dan platform sekolahmu menggelar program serupa yang ditujukan bagi siswa, orang tua dan guru.

“Berbagai materi siraman rohani bersama ulama disiarkan melalui platform sekolahmu di antaranya ngabuburit online dan sebagainya disajikan. Ini dapat mengisi keseharian peserta didik selama Ramadan karena tidak ada kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Kami berharap ini bisa bermanfaat,” tandasnya. (hop)