Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Anies menekankan pentingnya Pemprov DKI Jakarta untuk menunaikan seluruh cita-cita Pancasila.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila bagi kita untuk menjaga seluruh amanat konstitusional. Kita harus buktikan Pancasila dilaksanakan di Ibukota dan Pemprov DKI Jakarta yang terdepan melaksanakan hal itu,” pesan Anies di lokasi, Sabtu (1/6).

Anies pun menegaskan agar seluruh sila dari Pancasila harus ditunaikan. Khususnya sila kelima dari Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kita harus menunaikan kelima sila tadi. Dan ingat, dari lima sila tadi, yang membuat bisa jalan adalah keadilan sosial, agar muncul sila kesatu sampai empat,” ujarnya.

Ia mengutarakan, langkah konkret yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan sila kelima Pancasila salah satunya dengan menggratiskan Pajak Bumi Bangunan (PBB) bagi para cucu pejuang kemerdekaan dan juga perumus kebangsaan.

“Untuk para pejuang kemerdekaan, langkah kita nyata. Anak dan cucu pejuang dibebaskan dari PBB,” tuturnya.

Anies pun meminta jajarannya agar memaknai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai refleksi untuk lebih bersenyawa dengan nilai-nilai Pancasila.

“Jadikan upacara hari ini sebagai cara untuk bersenyawa dengan Pancasila,” tandasnya. (hop)