Biopori

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas terus gencar membuat Lubang Resapan Biopori (LRB). Hingga saat ini sudah dibuat sebanyak 350 titik.

Lurah RJB Zayadi menuturkan, ratusan lubang biopori ini tersebar di 15 Rukun Warga (RW). Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir potensi genangan air saat hujan.

“Alhamdulillah, warga kami kompak sudah berjalan sejak awal instruksi membuat LRB,” tuturnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (31/5).

Zayadi menyebutkan, berdasarkan data terakhir, warga RW 05, Perumahan Arco juga membuat 120 LRB di empat RT. Diikuti RW 07 Perumahan BDN sebanyak 150 lubang di enam RT.

Dikatakannya, meskipun hari ini (31/05) merupakan hari terakhir masa pembuatan LRB untuk mengikuti lomba tingkat Kota Depok, pihaknya tetap akan menggenjot pembuatan lubang biopori. Pasalnya, sarana ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan.

“Manfaatnya banyak LRB ini. Mengurangi genangan air dan juga bisa sebagai wadah penyimpangan cadangan air tanah,” tandasnya. (dha)