Kastara.id, Cikampek – Seluruh rest area sepanjang Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) menuju Jakarta terpantau dipenuhi oleh para pengemudi untuk beristirahat, Sabtu (1/7).

Berdasarkan pengamatan di lapangan, mulai KM 102 hingga KM 42, setiap rest area selalu dipadati oleh para pengemudi. Akibatnya, membuat arus lalu lintas menjadi padat, karena pengendara melambatkan kendaraannya.

Diduga jarak ruas tol yang sudah dioperasikan pemerintah yang menyambungkan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur menguras tenaga pengemudi. Sehingga diperlukan istirahat demi menjaga keselamatan dalam mengemudi kembali ke Ibukota.

Waspadai, kepadatan lalu lintas  angkutan jalan yang terdapat di Tol Cikampek dimulai dari KM 47 hingga berakhir pada rest area di KM 42. Diduga para pengemudi ingin beristirahat disekitar rest area yang disediakan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menjelaskan, Tol Surabaya-Mojokerto dapat membantu mengurai arus lalu lintas yang akan menuju Jawa Tengah. Kemudian direncanakan tol di atas mulai dari pintu Krian, Sidoarjo, sampai ke Mojokerto.

Khusus untuk Lebaran dibangun rest area sementara di ruas-ruas tol tersebut. Fasilitas yang disediakan yaitu WC darurat, tempat duduk, mushola, dan bensin kemasan.

Selain itu, untuk ruas tol yang dikelola Jasa Marga, ada diskon tarif tol sebanyak 20 persen khusus pengguna e-toll card. Hal ini untuk mendukung program pemerintah terkait penggunaan uang elektronik.

Diketahui, total panjang ruas tol fungsional di Jawa Timur saat Lebaran 2017 yaitu 197 km. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2016 yaitu 100 km. (nad)