Berita

Menggenjot Target Distribusi Minyakkita Sesuai Harga Eceran Tertinggi

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Perdagangan menepati janjinya untuk memasifkan harga Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) sesuai Harga Eceran Tertinggi yaitu Rp 14.000/liter. Menyusul tiba pasokan 18.600 liter MGCR di Pelabuhan Fakfak, Papua Barat, pekan ini.

“Papua Barat memang menjadi salah satu wilayah prioritas pendistribusian Minyakkita untuk pemerataan pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam keterangan tertulisnya (1/9).

Dijelaskannya, kontainer berisi Minyakkita yang tiba di Fakfak, Senin (29/8) tersebut dikirim dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 11 Agustus 2022 diangkut kapal laut hasil kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. “Masyarakat bisa langsung membeli karena harganya tetap normal Rp 14.000 per liter.”

Mendag Zulkifli Hasan mengemukakan 18.600 liter MGCR itu bagian dari 1.200 ton setara 1,32 juta liter MGCR yang didistribusikan ke wilayah timur Indonesia. Kemendag memberangkatkan 40 kontainer berisi 700 ton Minyakkita dari Tanjung Priok, Jakarta, menuju Papua dan Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/8). Juga, mengapalkan 351,5 ton tujuan Kupang, 100,5 ton atau 6 kontainer ke Timika, dan 13 kontainer setara 216,7 ton ke Merauke. Menyusul sebelumnya kiriman PT Bina Karya Prima sebanyak 271 ton ke Papua Barat, dab 245 ton ke Papua.

Pendistribusian 1.200 ton setara 1,32 juta liter migor curah kemasan sederhana bermerek Minyakkita, bagi Dirjen PKTN Veri Anggrijono, menandai Pemerintah cq Kemendag mewujudkan perlindungan konsumen sekaligus pelaku usaha yang bertanggung jawab.

“Alhamdulillah, pemerataan distribusi minyak goreng curah sebagai bahan pokok masyarakat diharapkan meminimalisir spekulan-spekulan yang merugikan masyarakat selaku konsumen,” ujar Dirjen Veri Anggrijono saat dikonfirmasi media, Kamis (1/9).

Pantauan harga Kemendag dalam Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), harga rata-rata minyak goreng kemasan merek Minyakkita di Papua dan Papua Barat sudah sesuai HET yang Rp 14.000/liter. “Gelombang ke-2 pengapalan dengan volume sama rencana tiba pekan kedua September mendatang.” (*)

Leave a Comment

Recent Posts

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…

Imam – Ririn Pilkada Depok 2024 Sudah Mantap 99 Persen

Kastara.Id,Depok - Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok resmi mengusung Imam Budi…

KBBI Wadah Untuk Jaring Aspirasi Warga Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Program Nyentil Imam merupakan wadah menjaring aspirasi dan masukan untuk warga Depok yang…

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…