Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap Spanyol, Alex Rins, sangat senang usai mengendarai Yamaha untuk pertama kalinya.

Rins dan semua pembalap lainnya menguji motor mereka masing-masing di Valencia selama satu hari, Selasa (28/11).

Rins bergabung dengan Yamaha dan bertandem dengan pembalap Prancis, Fabio Quartararo. Rins menggantikan pembalap Italia, Franco Morbidelli.

Walau belum bisa berkomentar lebih banyak, tapi Rins dapat menceritakan sedikit tentang Yamaha, dan langsung menyukai motor dan cara kerja tim.

Tentu saja Rins mendapat suasana berbeda karena Yamaha adalah tim pabrikan, tidak seperti tahun ini di tim satelit LCR Honda.

“Pada lap pertama senyum saya sangat lebar. Memang benar saya melihat serangkaian perbedaan dibandingkan dengan Honda, yang tidak bisa saya komentari (lebih detail). Kita harus ingat bahwa saya berasal dari tim satelit, dan ini tim pabrikan,” jelas Rins yang dilansir Motorsport.com.

“Saya mendapat banyak orang yang mendengarkan saya, bahkan lebih banyak daripada di Suzuki. Mereka tampaknya sangat berdedikasi. Saya sangat senang bisa menjelaskan banyak hal kepada banyak orang,” jelas Rins yang optimis bisa membuat Yamaha bersinar dengan rekan setimnya.

“Fabio dan saya harus berjalan bersama, bergandengan tangan. Komentar kami berdua serupa. Menuju ke arah yang sama, saya rasa kami bisa memberikan banyak informasi untuk meningkatkan motornya,” imbuh Rins.

Walau hanya satu hari tes, tapi pembalap Spanyol itu berkesempatan menjajal dua paket aerodinamis berbeda. Rins langsung menyukai salah satunya.

“Mereka membawa dua paket aerodinamis baru. Sejauh pengalaman saya dengan motor ini, saya sangat menyukai salah satunya, karena membuat roda lebih menempel ke tanah, dan motor mendapat stabilitas,” lanjut Rins.

Setelah tes Valencia, tes berikutnya baru akan berlangsung di awal Februari nanti. Rins mendapat waktu yang baik untuk melanjutkan proses pemulihan.

“Kondisi fisik sedikit membatasi saya, terutama di tikungan ke kanan. Musim dingin ini saya akan fokus melakukan latihan mesin, pemulihan, dan istirahat. Ini soal regenerasi tulang,” pungkas Rins.

Rins mengalami kecelakaan di pertengahan musim di MotoGP Italia, mematahkan kaki kanannya dan sampai sekarang belum sepenuhnya pulih. (tra)