Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 100 sekolah di DKI Jakarta akan menjadi pilot project pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Direncanakan 100 sekolah tersebut akan dibuka kembali pada 7 April 2021 setelah sekitar satu tahun ditutup sejak pandemi Covid-19 merebak.

Hal itu dikemukakan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda. Saat memberikan keterangan usai rapat besama Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis 1 April 2021, Oman mengatakan, 100 sekolah tersebut sudah dipilih dan diseleksi berdasarkan 18 kriteria.

Oman menambahkan 100 sekolah tersebut akan mulai melaksanakan PTM terbatas di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di wilayah DKI Jakarta. Oman menegaskan sekolah dibuka untuk PTM sejak Rabu, 7 April 2021.

Nantinya setiap sekolah hanya diizinkan dibuka untuk 50 persen dari kapasitas normal. Itulah sebabnya sekolah telah mempersiapkan segala fasilitas pendukung. Menurut Oman, persiapan sudah dilakukan sejak Februari 2021.

Oman menyebut, jumlah 100 sekolah yang akan dibuka masih terlalu sedikit. Politisi PAN ini pun meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta segera melakukan seleksi guna menambah jumlah sekolah yang akan mulai melakukan PTM. Oman menilai seharusnya sekolah yang diizinkan dibuka kembali setidaknya berjumlah 200.

Sehingga setelah assesment tambahan dilakukan, 100 sekolah berikutnya bisa melaksanakan PTM pada akhir April 2021. (hop)