Kastara.ID, Jakarta – Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI menerima penghargaan Indonesia Syariah Award 2022 kategori Best Syariah Unit Business in Private Bank karena mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif.

Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi mengatakan, penghargaan dari The Iconomics ini diberikan kepada perusahaan dengan prinsip Syariah yang memiliki kinerja baik di 2021 dan mempertahankan performa dalam masa pemulihan ekonomi saat ini.

Aspek penilaian tersebut mencakup penilaian yang bersifat kuantitatif dan kualitatif seperti, financial statement, rasio profitabilitas dan indikator kinerja lainnya.

“Penghargaan atas kinerja UUS Bank DKI ini merupakan apresiasi atas ikhtiar bersama dalam membangun dan merawat kepercayaan yang telah diberikan nasabah, pemegang saham, serta pemangku kepentingan,” ujar Babay, Sabtu (2/4).

Ia menjelaskan, perkembangan UUS Bank DKI dapat dilihat dari kinerja keuangan Unit Usaha Syariah pada triwulan IV 2021 yang tumbuh positif. UUS Bank DKI menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 6,40 triliun per Desember 2021 atau tumbuh sebesar 6,8 persen dari Rp 5,99 triliun per Desember 2020.

“Pembiayaan tersebut didominasi oleh penyaluran pembiayaan pada sektor produktif sebesar Rp 4,19 triliun atau 65,5 persen dari total pembiayaan dan sektor konsumtif sebesar Rp 2,20 triliun,” terang Babay.

Babay menyampaikan, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) UUS Bank DKI tumbuh 33,8 persen sebesar Rp 5,72 triliun per Desember 2021 dibandingkan periode Desember 2020 sebesar Rp 4,27 triliun.

Berbagai pencapaian kinerja keuangan UUS Bank DKI tersebut telah mendorong peningkatan kinerja aset Bank DKI secara keseluruhan yang tumbuh sebesar 12,2 persen dari  layanan digital JakOne Abank.

Selain itu, UUS Bank DKI juga bersinergi dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penandatanganan pembiayaan Akad Mudharabah Muqayyadah untuk turut berperan serta dalam meningkatkan kapasitas pembiayaan kepemilikan perumahan bagi masyarakat.

Tidak hanya, UUS Bank DKI juga menyediakan beragam solusi keuangan syariah seperti Tabungan Haji dan Umrah (Taharoh) secara autodebet, pembiayaan KMG Syariah dan menghadirkan Scan to Pay QRIS JakOne Pay yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran zakat, infak dan sedekah secara digital.

“Dengan produk dan layanan yang kian inovatif dan customer-centric, UUS Bank DKI berharap dapat terus memberikan layanan syariah di bidang finansial sosial spiritual secara optimal bagi nasabah dan masyarakat DKI Jakarta,” tandas Babay. (hop)