Kilang Tuban

Kastara.id, Jakarta – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Kamis (2/8), menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Nicke menjelaskan bahwa pertemuan tersebut membahas soal kilang Balikpapan dan Tuban. Menurutnya, Presiden memberikan pengarahan supaya proyek kilang di dua tempat tersebut dijalankan sesuai rencana. “(Bahas) progres kilang, diminta dipercepat,” jelas Nicke saat dimintai keterangan di lingkungan Istana.

Hanya saja, Nicke tidak menjelaskan isi pembicaraannya lebih rinci soal proyek tersebut.

Seperti diketahui, Pertamina tengah mencari mitra dalam upaya pengembangan Kilang Balikpapan. Menurut Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Heru Setiawan, saat ini sudah ada sejumlah perusahaan yang menyatakan minatnya.

Disebutkan Heru, perusahaan yang berminat tersebut antara lain perusahaan minyak asal Azerbaijan, State Oil Company of Azerbaijan Republic (SOCAR) dan dua perusahaan lainnya asal Jepang yang salah satunya adalah JX Nippon.

Hingga kini pihak Pertamina masih terus melakukan proses pencarian mitra. Proses tersebut akan dilakukan melalui mekanisme beauty contest, seperti yang telah dilakukan pada Kilang Bontang. (mar)