MotoGP 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Brno – Ajang MotoGP telah sukses menghelat dua balapan berurutan dalam dua pekan di Sirkuit Jerez untuk GP Spanyol dan GP Andalusia. Dalam musim pendek 2020 ini bakal ada 13 balapan, dengan tambahan dua seri yang hingga kini belum diumumkan.

Menariknya di bulan Agustus ini, bakal tersaji tiga balapan beruntun MotoGP dalam tiga pekan balap. Mulai dari MotoGP Ceko yang berlangsung di Sirkuit Brno pada 9 Agustus yang akan datang.

Ini menjadi kali pertama Ceko menggelar balapan tanpa penonton sebagaimana Spanyol dan Andalusia pekan lalu.

Untuk Sirkuit Brno, MotoGP hanya menggelar satu balapan, kemudian lanjut ke pekan berikutnya para pembalap akan pindah ke Red Bull Ring. Sirkuit menantang ini akan menggelar dua seri, yakni GP Austria pada 16 Agustus dan GP Styria pada 23 Agustus.

Usai penundaan panjang empat bulan akibat wabah virus Corona, akhirnya penggemar bisa kembali merasakan balapan MotoGP. Kini ada banyak balapan beruntun, karena memang jadwal yang sangat padat untuk mengakomodir 13 lebih balapan hanya dalam lima bulan.

Kini Quartararo masih memimpin klasemen sementara dengan 50 poin, disusul pembalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dengan 40 poin.

Sedangkan favorit juara dunia Marc Marquez sedang terluka parah. Ia masih dalam proses penyembuhan patah lengan kanannya.

The Baby Alien menargetkan kembali ke lintasan mulai GP Ceko mendatang, tapi tentu tak akan tampil dengan kekuatan penuh, cederanya masih butuh waktu lama untuk benar-benar sembuh.

Di lintasan Brno kita juga akan melihat jawaban atas performa motor Yamaha, apakah tahun ini sudah benar-benar kompetitif atau tidak. Selain itu, lintasan Brno dan Red Bull Ring bisa menjadi kesempatan terbaik pada pembalap Ducati untuk membalikkan keunggulan setelah keteteran di Sirkuit Jerez.

MotoGP 2020 akan semakin menarik dengan hadirnya jagoan pendatang baru, Brad Binder, Iker Lecuona dan Alex Marquez tentu menjadi favorit untuk merebut gelar rookie of the years. (tra)