Kastara.ID, Silverstone – Yamaha Motor Racing telah mengonfirmasi bahwa pembalap Spanyol, Alex Rins, akan bergabung dengan tim pabrikan Monster Energy Yamaha mulai MotoGP musim 2024 mendatang.

Rins bergabung dengan Honda di tim satelit karena Suzuki mundur dari MotoGP. Tahun 2023 ini akan menjadi satu-satunya musim Rins bersama Honda.

Kepindahan Rins ke Yamaha dikonfirmasi langsung Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis.

Rins akan menggantikan pembalap Italia, Franco Morbidelli, sekaligus bertandem dengan pembalap Prancis, Fabio Quartararo.

“Kami senang Alex bergabung dengan skuad Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di grup Yamaha MotoGP,” ungkap Jarvis lewat rilis resmi Yamaha.

“Kami berharap Alex menjadi aset besar. Dia memiliki pengalaman luas sebagai pembalap MotoGP dan dikenal sebagai bakat alami dan pemenang balapan kelas MotoGP berkali-kali. Dia sudah memiliki pengalaman dengan dua pabrikan MotoGP lainnya dan telah mengendarai motor dengan karakteristik yang mirip dengan YZR-M1, yang akan membantunya beradaptasi dengan cepat pada motor kami. Kemenangannya di COTA awal tahun ini menggarisbawahi kecepatan, rasa lapar, dan tekadnya untuk sukses,” jelas Jarvis.

“Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tapi kami yakin dia harus pulih sepenuhnya dan mempercepat musim 2024. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya dan percaya bahwa dia akan berkolaborasi dengan baik dengan Fabio dan meningkatkan performa total Tim Monster Energy Yamaha MotoGP,” tandas Jarvis.

Rins sebenarnya memiliki kontrak dua tahun dengan tim satelit LCR Honda, tapi boleh keluar di tengah jalan jika ada tawaran datang dari pabrikan lain. (tra)